RSS

Profile

Sejarah Singkat

Yayasan Coral Oasis (Coral Oasis Foundation) merupakan sebuah wadah yang terlahir atas prakarsa musyawarah dari kepengurusan Rubiah Tirta Divers (RTD) dan LSM Aceh Coral Conservation (ACC), sejak dari pembentukan sampai berdirinya RTD dan LSM ACC selama ini telah banyak membantu sistem roda Pemerintahan Daerah yang berkonsern pada dunia penyelaman dan pemerhati ekosistem terumbu karang sekitar Pulau Weh (Sabang). Yayasan Coral Oasis merupakan sebuah wadah bergerak dibidang sosial dan kemanusiaan.

Untuk mencapai maksud dan tujuan Coral Oasis  memfokuskan rencana kerjanya lebih terkonsentrasi pada kegiatan identifikasi potensi terumbu karang, kerusakan bawah laut serta memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pelestarian dan perlindungan keaneka ragaman hayati pesisir pantai.

Mengingat intensitas kegiatan tinggi dan memerlukan sebuah wadah yang dapat membantu/memfasilitasi dalam memperkuat pencapaian hasil dari yang diharapkan. Akhirnya Bapak Mahyiddin atau akrab disapa dengan Pak Dodent mendeklarasikan organisasi pada hari Kamis dan tercatat di Sabang di kantor pejabat pembuat akta notaris Cut Ellya Ellyana, SH, Nomor : 06 Tanggal 18 September 2008. dan telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan Asasi Manusia.

Melalui pendekatan partisipatif, pengelolaan kawasan pesisir pantai dengan nilai-nilai budaya gampong (Village) diharapkan dapat mengembalikan fungsi ekosistem sumber daya hayati seperti semula baik dilihat dari sisi ecology, ekonomi maupun sosial daerah setempat.

 

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: