RSS

BERKAMPANYE PEDULI LAUTKU “DODENT’S DAY 2015”

20 Dec

Dodent's DayKegiatan “DODENT’S DAY 2015” adalah kampanye kepedulian kita terhadap laut, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari rangkaian kegiatan lanjutan yang diwariskan oleh Almarhum Bpk. Mahyiddin “Dodent” kepada generasi muda. Yang mana setelah beliau tiada banyak program-program lingkungan yang telah beliau terapkan masih tertunda.

Oleh karena itu, untuk mengenang 5 tahun Almarhum mulai sekarang generasi muda yang diprakarsai oleh anak-anak beliau ingin melanjutkan kembali program kerja Kampanye Peduli Lautku, seperti:

– Coral Transplantation (Transplantasi Karang)

Dalam pelaksanaannya nanti kita ingin mengembalikan ekosistem terumbu karang yang sudah hancur dan mati dengan menggunakan sistem pencangkokan karang untuk meregenerasi karang sebagai tempat berlindung, rumah ikan serta tempat pemijahan ikan.

Dengan kita melihat kondisi geografis Pulau Weh-Sabang sebagai daerah kepulauan harus dimanfaatkan untuk mendukung penggerak perekonomian masyarakat guna tercapainya kesejahteraan.

Kita semua tahu di dalam jutaan kilometer lautan di nusantara dari Sabang sampai Merauke masih banyak sumber daya alam baik hayati maupun non-hayati yang sebagian besar belum tersentuh oleh putra-putri cerdas bangsa Indonesia.

Dalam beberapa rangkaian kegiatan tersebut diatas akan teridentifikasi potensi sumber daya laut baik hayati maupun non-hayati yang selama ini belum terekspose dalam suatu exhibition yang mempertemukan para stakeholder di bidang kelautan. perikanan, pariwisata, dan aktivis lingkungan serta pembuat kebijakan serta akademisi.

Sehingga akan terjadi link and match dalam upaya pemanfaatan sumber daya laut. Tentu saja dalam upaya pemanfaatan laut akan ditemukan problem-problem multi-dimensi yang membutuhkan solusi untuk guna penyelesaian problem-problem multi-dimensi yang pastinya akan ditemui dalam upaya pemanfaatan laut.

Melalui program ini sangat diharapkan terutama generasi muda Pulau Weh-Sabang akan menyadari bahwa pemanfaatan laut seoptimal mungkin akan membawa pada kesejahteraan rakyat.

Dengan awareness semacam ini diharapkan akan lebih banyak ditemukan teknologi-teknologi terapan yang dapat mendukung upaya Indonesia dalam pemanfaatan laut secara optimal.

Tujuan pelaksanaan kegiatan “Peduli Lautku” adalah sebagai berikut :

1. Melindungi ekosistem terumbu karang dari dampak negatif kegiatan manusia dengan jalan membersihkan sampah-sampah anorganik yang terdapat pada ekosistem tersebut.
2. Melindungi ekosistem terumbu karang dari predator alami dengan jalan menangkap hewan predator (Acanthaster plancii) yang terdapat pada ekosistem tersebut.
3. Meningkatkan kesadaran (awareness) masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian ekosistem terumbu karang.
4. Meningkatkan kesadaran (awareness) para pelaku kegiatan wisata dan perikanan tangkap terhadap pentingnya menjaga kelestarian ekosistem terumbu karang.

Advertisements
 
 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: