RSS

Walhi: Caleg Pro Isu Lingkungan Hanya 5%

11 Feb

SfMcAOrIUZJAKARTA – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia mencatat kurang dari 5 persen calon legislatif yang mengkampanyekan isu lingkungan hidup.

“Kalau dari penelitian kami, Caleg yang pro terhadap isu – isu lingkungan itu hanya kurang dari lima persen saja,” kata Kepala Departemen Jaringan Advokasi Lingkungan Walhi, Khalisah Khalid di kantor Walhi, Senin (10/2/2014).

Dia mengaku saat ini Walhi kesulitan mencari rekam jejak para Caleg. Dari 6.800 Caleg baik DPR, DPRD, dan DPD, hanya sedikit yang mencantum identitasnya dengan lengkap di situs KPU.

“Yang kami herankan kenapa caleg – caleg ini tidak ingin data – datanya diungkap dan KPU sendiri membiarkan hal tersebut. Padahal itu juga penting bagi masyarakat yang akan memilih mereka,” kata Khalisah.

Menurutnya, para Caleg belum menjadikan isu lingkungan sebagai isu utama. Mereka hanya menjadikan isu lingkungan sebagai isu tempelan saja.

“Banyak dari temuan kami calon – calon yang mendapatkan warna merah di isu lingkungan dan korupsi. Kalau pun ada yang menjadikan isu lingkungan sebagai prioritas paling hanya bekas aktivis dan akademisi saja,” kata Khalisah.

Khalisah berharap ke depannya ada pendidikan mengenai lingkungan dari partai politik. Menurutnya, hal tersebut penting untuk melihat komitmen para calon legislatif dan Parpol.

“Kami juga akan terus mendorong para caleg yang pro lingkungan ini untuk menjaga komitmen mereka. Kami akan terus mendesak agar setelah Pemilu ini DPR membuat Kaukus Lingkungan, untuk kita mengawai kinerja mereka dalam isu lingkungan,” kata Khalisah.

Advertisements
 
 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: