RSS

Mola-mola: Ikan Raksasa Yang Unik Di Pulau Weh

26 Nov

Mola_molaBila bertemu ikan ini di laut, reaksi pertama kita bisa jadi langsung kabur dan takut setengah mati. Pasalnya ukurannya yang gede banget bikin kita langsung terintimidasi, sih. Tapi, sebenarnya ikan yang juga disebut sunfish ini sama sekali nggak berbahaya lho.

Nggak seperti ikan pada umumnya, mola-mola nyaris nggak punya sirip ekor. Tapi, ikan bertulang paling besar ini punya sirip menyambung dari atas sampai ke bagian bawah perut yang disebut calvus. Jadi, kalau ikan pada umumnya punya sirip di samping kiri kanan, mola-mola justru punya sirip di atas dan bawah. Sirip didukung dengan bentuk badannya yang bulat dan pipih, membuat pergerakan mola-mola cenderung lambat dan nggak bisa melawan arus.

Meskipun bentuknya terkesan menyeramkan, mola-mola bukanlah ikan yang berbahaya. Soalnya makanan utama mola-mola adalah ubur-ubur. Selain ubur-ubur, ikan ini juga hobi mengunyah tumbuhan mikroskopis yang nggak bisa kita lihat pakai mata.

Cara makannya juga terbilang unik. Karena ukuran mulutnya yang kecil, mola-mola menghisap makanannya dan mengeluarkannya lagi secara berulang-ulang. Maksudnya sih supaya makanannya jadi lebih kecil dan gampang ditelan.

Karena gerakan renangnya yang sangat lambat dan nggak bisa melawan arus, mola-mola sering kali tersangkut di baling-baling kapal. Ini karena biasanya mola-mola nggak sempat menghindari kapal yang datang dengan cepat ke arahnya. Selain itu, sampah-sampah di laut khususnya sampah plastik yang mirip dengan ubur-ubur sering membuat mola-mola tersedak dan mati. Bahaya lain yang mengancam ikan ini adalah rusaknya terumbu karang akibat pengeboman ikan.

Jenis ikan ini sering dijumpai para penyelam (divers) di salah satu divespot yang ada di Pulau Weh-Sabang.

Langsung liat videonya disini:

Ayo!.Lestarikan Ikan Mola mola dari kepunahan.

Advertisements
 
 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: