RSS

Kami CINTA Laut dan Tentunya Kamu Juga

22 Jul

Laut kita sedang dalam bahaya dan butuh bantuan kita untuk melindunginya.

MENGAPA KITA PERLU MENCINTAI LAUT..?
1. Laut itu INDAH, Laut kita adalah rumah bagi terumbu karang – hutannya lautan – beragam warna menakjubkan, terumbu karang juga penting bagi pembibitan ikan dan makhluk laut lainnya. Tapi, terumbu karang kita sedang sekarat – mereka kehilangan keindahannya dan kemampuan untuk mendukung kehidupan laut.

2. Laut itu MENYENANGKAN, Tidak ada liburan yang liburan yang menyenangkan selain dipantai. Tapi, pantai-pantai kita semakin kotor – berton-ton plastik mengotori pantai dan terapung di laut, selain endapan beracun yang berakhir di air.

3. Laut itu HARTA KARUN, Sekitar 75% spesies terumbu karang dan 405 ikan-ikan karang telah dikenali hidup di perairan kita. Dan mungkin ribuan spesies lainnya yang hingga kini belum dikenali. Tapi, makhluk-makhluk yang luar biasa ini pelan-pelan menghilang.

4. Laut itu MENDUKUNG KEHIDUPAN KITA, Laut kita adalah sumber penting makanan dan penghasilan bagi ratusan juta orang di seluruh dunia. Tapi, laut yang menyediakan nafkah dan sumber penghasilan orang-orang ini tengah berada dalam ancaman serius.

Laut perlu bantuan kita jika kita ingin tetap menikmatinya.

MENGAPA KITA PERLU MENDUKUNG PELESTARIAN LAUT..?
Laut adalah sumber kehidupan penting di planet kita, tapi tak terhitung banyaknya kegiatan manusia seperti penangkapan ikan berlebihan (overfishing) dan polusi membawa dampak serius bagi kelestarian dan kekayaan laut kita. Konsekuensinya sangat mengerikan, itulah sebab mengapa kita harus bertindak sekarang. Mari kita ketahui apa yang menjadi ancaman kunci bagi laut, antara lain:

1. Indutri Penangkapan Ikan: Membuat laut kita kososng.
Kapal-kapal penangkap ikan semakin banyak menangkapi populasi ikan yang semakin berkurang jumlahnya. Semua tempat-tempat penangkapan ikan telah habis, atau telah dieksploitasi habis-habisan. Ini artinya persediaan ikan berkurang lebih cepat dibandingkan waktu untuk menghasilkan ikan kembali, dan mengakibatkan pasokan ikan yang semakin berkurang bagi masa depan.
Penangkapan ikan berlebihan (overfishing) dan penangkapan ikan merusak (destruktif) adalah juga merupakan penyebab utama hancurnya terumbu karang. Jika kita tidak menyelesaikan masalah ini, maka dengan cepat dan dalam waktu dekat kita akan kehabisan ikan.

2. Perubahan Iklim: Merubah laut kita.
Dampak dari pemanasan global telah dirasakan di seluruh dunia dan banyak spesies binatang laut dan ikan tidak dapat bertahan hidup karena perubahan kondisi ini. Naiknya suhu air laut menyebabkan sejumlah besar kawasan terumbu karang berubah putih dan mati (pemutihan karang) yang mengakibatkan hilangnya habitat yang hidupnya bergantung pada terumbu karang.
Sejumlah besar karbon dioksida yang menyebabkan perubahan iklim yang kita pompakan ke atmosfir dari pembakaran bahan bakar fosil juga terserap ke laut dan membuat air laut menjadi asam. Jika terus dibiarkan, peningkatan asam dapat menghancurkan terumbu karang dan makhluk lainnya seperti remis dan cumi yang bergantung pada kalsium.

3. Polusi: Pembuangan yang tidak dapat diterima.
Polusi kemungkinan adalah aktifitas manusia yang paling terkenal yang berdampak negatif pada kelestarian dan kesehatan laut kita. Yang paling mengkhawatirkan penyebab terbesar polusi laut datang dari daratan dan air, seperti limbah domestik, pembuangan industri, dan limpasan pertanian.

Kita perlu merubah cara manusia berinteraksi dengan laut dan kita perlu menyerukan pada Pemerintah untuk memiliki kebijakan yang lebih kuat serta pelaksanaan yang teratur untuk mencegah kerusakan yang lebih jauh terhadap laut.
Walaupun itu cuma sepotong kata yang kita sampaikan kita telah cinta laut.

Advertisements
 
 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: