RSS

Grand Design Penyelamatan Danau

12 Jul

Karena banyak kondisi danau di Indonesia sudah buruk, maka Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) membuat sebuah ‘grand design’ cara penyelamatannya. Seperti apa?

Deputi Menteri Lingkungan Hidup Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim Arief Yuwono memaparkan rancangan ‘Penyelamatan Ekosistem Danau Indonesia’ dengan mengundang Panitia Kerja (Panja) Kawasan Danau Komisi VII DPR-RI, Panitia Khusus I Dewan Sumber Daya Air Nasional 2013, serta beberapa Kementerian dan lembaga yang terkait.

Grand design Penyelamatan Danau Indonesia disusun untuk menjadi acuan pemerintah, dunia usaha dan masyarakat untuk merencanakan, melaksanakan serta mengkaji program pelaksanaan penyelamatan ekosistem danau,” ungkap Arief dalam acara Publikasi Grand Design Penyelamatan Ekosistem Danau Indonesia di Jakarta, Selasa (11/6).

“Desain ini juga bisa menjadi arahan bagi pihak-pihak Kementerian/ Lembaga/ Pemerintah Daerah dalam menyusun Rencana Aksi Penyelamatan Ekosistem Danau,”

‘Grand Design Penyelamatan Ekosistem Danau Indonesia’ ini berisikan program dan kegiatan penyelamatan ekosistem danau, yang telah terintegrasi sesuai dengan peran dan fungsi seluruh sektor terkait.

“Pendekatan kami yang pertama adalah menyusun grand design sebagai pedoman umum untuk menyelamatkan danau di Indonesia. Hal ini juga berguna untuk menguatkan kerja sama antara kementerian dan lembaga pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/ kota serta pemangku kepentingan lainnya,”

Terdapat delapan program inti penyelamatan danau di dalam grand design tersebut. Delapan program itu adalah Penataan Ruang Kawasan Danau, Penyelamatan DAS dan DTA Danau, Penyelamatan Ekosistem Lahan Sempadan Danau, Penyelamatan Ekosistem Perairan Danau, Pemanfaatan Sumber Daya Air Danau, Pengembangan Sistem Monitoring, Evaluasi dan Informasi Ekosistem Danau, Pengembangan Kapasitas, Kelembaban dan Koordinasi dan Peningkatan Peran dan Partisipasi Masyarakat.

Ada sembilan kementerian dan lembaga yang terlibat dalam penyelamatan danau tersebut, di antaranya Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pertanian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pekerjaan Umum serta Kementerian Riset dan Teknologi.

Kondisi danau di Indonesia saat ini secara umum tingkat degradasi lahan dan perairan mengalami penurunan kualitas. Tingkat kerusakan yang terjadi berbeda-beda, seperti kerusakan pada wilayah hulu akibat perubahan peruntukan lahan serta masalah di badan air dan bawah air. Butuh waktu panjang untuk pemulihannya.

Advertisements
 
 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: