RSS

WORLD OCEAN DAY (WOD) 2012-UNDERWATER CLEAN UP IBOIH BEACH

10 Jun

Sabang – Untuk pertama kalinya Sabang ambil bagian dalam perayaan Hari Laut Sedunia melalui Festival Laut Sabang (Sabang Sea Festival) yang digelar pada 9-10 Juni 2012. Sabang menjadi salah satu tempat di Indonesia bersama Bandung, Bali dan Manado yang akan merayakan Hari Laut Sedunia tahun ini.

Festival Laut Sabang dilaksanakan oleh Wildlife Conservation Society Marine Program bekerjasama dengan Pemerintah Kota Sabang dan sejumlah LSM seperti Jaringan KuALA, WWF, Aceh Coral Conservation (ACC), Yayasan Coral Oasis (YCO), Rubiah Tirta Diver (RTD), PMI Sabang, Ocean Diving Club (ODC) – Unsyiah, Discover Aceh Divers Club (DADC),  FFI dan Sahabat Laut (Salut). Perayaan ini akan melibatkan seribuan peserta termasuk aksi makan bubur kacang hijau masal yang digelar di Sabang Fair.

Tanggal 10 Juni merupakan puncak perayaan. Belasan penyelam dari Sabang dan Banda Aceh akan beraksi membersihkan sampah di dasar Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Teupin Layeu di Iboih dan Pantai Gapang. Bersamaan dengan itu para relawan akan menanam bakau juga di Jaboi. Sementara di tempat yang berbeda akan dilaksanakan aksi bersih pantai di Anoi Itam – Sumur Tiga yang melibatkan sukarelawan dari Sabang dan Banda Aceh. Puncak acara akan digelar pada malam hari dengan kegiatan pemutaran film lingkungan dan pentas seni untuk warga Sabang di Sabang Fair.

Catatan Redaksi :
* Total Keseluruhan Sampah yang terkumpul = 580 Kg (Pantai Iboih, Sumur Tiga & Anoi Itam).
* Jumlah Bibit Mangrove yang tertanan = 1.200 batang.

World Oceans Day (WOD) atau Hari Laut Sedunia, secara resmi dirayakan setiap tanggal 8 Juni setiap tahunnya. Ide awalnya diajukan oleh pemerintah Kanada pada KTT Bumi di Rio de Janeiro, Brasil tahun 1992 dan secara resmi diakui oleh PBB pada tahun 2008.  Sejak itu kegiatan ini dikoordinasikan secara internasional oleh “The Ocean Project” dan “The World Ocean Network”  dengan target yang lebih besar dan tingkat partisipasi masyarakat global yang terus meningkat setiap tahunnya di berbagai tempat di dunia. Peringatan World Oceans Day diperingati setiap tahunnya oleh masyarakat internasional melalui akasi-aksi kampanye penyelamatan ekosistem pesisir dan laut.Tema World Oceans Day 2012 secara global adalah Youth: The Next Wave for Change “ atau ”Generasi Muda: Pembawa Gelombang Perubahan Masa Depan”

Advertisements
 
 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: